Selasa, 07 Februari 2012

Cara Menentukan dan Menggapai Target Efektif


Cara menentukan dan menggapai target efektifSudah sesuaikah dengan harapan?Apakah yang Anda canangkan di tahun ini sudah memiliki titik terang dengan perkembangan yang dicapai? Atau sebaliknya jangan-jangan harapan anda masih jauh dari target yang ingin Anda capai. Apabila itu yang terjadi, kemungkinan disebabkan karena Anda menetapkan target dengan tidak efektif. 


Ketidakefektifann ini bisa jadi dipengaruhi oleh beberapa faktor dibawah ini:
1.Tidak jelasnya target
 Misalnya anda bilang target anda jadi pengusaha. Ini target yang masih belum spesifik. Pengusaha apa?Berapa bisnis yang ingin Anda miliki? Belum jelas kan?
Sebaiknya buat target yang jelas dan spesifik. Ini membantu
Anda mengarahkan fokus untuk mencapai target. Sebagai contoh misal tahun ini Anda menetapkan target punya tujuh aset bisnis online baru. Ini jauh lebih jelas dibanding target sebelumnya.

2.Tidak ada batasan waktu
 Menetapkan deadline penting dalam tercapainya sebuah target. Karena seringnya seseorang sering terlena apabila tidak memiliki deadline waktu yang jelas untuk mencapai targetan Anda. Sebaliknya dengan memiliki batas waktu yang jelas, maka Anda akan fokus untuk mencapai target dalam batas waktu yang telah ditentukan.

3.Target yang tidak realistis
Jangan membebani Anda dengan targetan yang tidak realistis dengan waktu dan kemampuan Anda.  Ukur kemampuan Anda dalam membuat target. Jangan buat target yang sulit dicapai. Sangat baik juga apabila Anda membuat tahapan-tahapan target dalam target tersebut. Setahap demi setahap dari tingkatan paling dasar, Anda dituntun untuk membangun bisnis online Anda.

4.Target yang tidak tertulis
Jangan biarkan target Anda hanya melintas dalam alam pikiran lalu terbang dibawa angin begitu saja. Tuliskan target anda. Bila perlu tempel seperti majalah dinding agar Anda mudah melihatnya.Beserta target pencapaiannya ya.Dan silahkan di pajang juga beserta gambarnya.Lebih powerfull.

5.Malu Menceritakan pada orang-orang
Kalau ada teman yang bertanya tentang maksud tulisan Anda yang di tempel di dinding itu, jangan malu menceritakannya. Jelaskan bahwa itulah target hidup Anda. Karena dengan mengatakan pada orang lain, akan memacu tindakan Anda. Sebab kalau tidak take action, Anda pasti akan malu ketika bertemu lagi dengan orang-orang yang pernah Anda ceritakan soal target Anda tersebut.

Memiliki target berarti memiliki arah dalam hidup. Artinya Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dan kemana tujuan Anda. Bila sudah begitu, sudah pasti tak akan ada waktu terbuang percuma untuk bertanya “apa yang harus saya lakukan hari ini?”

Okey, Teman selamat mencoba ya.Jika Ada yang mau menambahkan silahkan di share di sini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar